File 27-01-2016, 2 46 45 PM

Seorang teman memberikan pemanggang roti. Ternyata, pemanggang roti itu rumit. Pemanggang roti ini buatan China. Jelas ada tulisan Made in China. Namun, pada spesifikasi teknis, memakai huruf kanji. Istri saya memastikan itu dalam huruf dan bahasa korea. Bukan China atau Jepang. Katanya, karena pada aksara itu ada unsur bulat-bulatnya. Emboh, saya ya percaya saja.

Lalu, gambar pemanggang roti itu ada visual dan merk Hello Kitty – yang walau namanya pakai Bahasa Inggris, itu icon Jepang. Jangan tanya saya kenapa namanya Hello Kitty.

Yang menambah rumit lagi, system kelistrikannya memakai system kelistrikan Indonesia, atau sebagian besar Asia. Colokan dua bulat. Nah, pemanggang roti ini dipakai di Australia, yang colokan pipih miring dua.

Penggunanya, mahasiswa Indonesia yang manis sekali. Eh, jangan menambah kerumitan: manis saja. Kerumitan makin menjadi saat seharusnya si mahasiswa Indonesia yang manis (saja) ini menulis thesis, dia malah menulis blog ini tentang rumitnya pemanggang roti.

Jadi, bisa dibayangkan betapa rumitnya pemanggang roti ini.

#CatatanMahasiswaManisSaja

Perth, 27 Januari 2016