Tag

,

Hal-hal baru selama menjadi mahasiswa baru juga perlu mengenali beberapa kata kunci atau istilah yang mungkin baru. Setidaknya, tidak kamu temui saat kamu masih SMA dulu. Kalau dulu ada yang bikin kamus Bahasa gaul, mungkin suatu saat nanti, perlu ada kamus seru mahasiswa baru.

SINGKATAN

Mahasiswa itu senang menyingkat sesuatu. Saya curiga ini karena kebiasaan main SMS atau chatting. Semua disingkat. Celakanya, mahasiswa gak perduli orang lain paham apa ndak. Misal, kamu akan mengenal kata maba untuk mahasiswa baru, Doli untuk dosen wali. Saya sempat menyinggung ini di https://satryawibawa.com/2015/07/30/pengantar-panduan-seru-untuk-mahasiswa-baru/ . Dosbing untuk dosen pembimbing. Kenapa ndak dombing, atau dospem? Emboh. Jangan tanya saya. Lalu hamper semua mata kuliah disingkat, lihat saja ini untuk mata kuliah komunikasi: teokom, terkom, kombang, komkes, komtrad, etfil (saya etfil deh. Itu ilfil, bro), komkel, disgraf, komor (untung bukan komar), komtrad, kombis (apanya gobis?), komper, pertekom, tekomas (tekomas? Ndak Mbak, maunya ceret), dasjur, jumetak (apa coba jumetak?), ju-on (ini berbau pelem nih, boleh juga). Jadi, siaplah bertanya, biar tak sok tahu, nanti jadi malu.

TA

Bukan, bukan tugas akhir. TA adalah aktivitas illegal yang dilakukan mahasiswa saat dia tidak masuk kelas tapi ingin dianggap masuk kelas. Namanya TA. Titip Absen. Beda sama titip anak atau titip helm. Jadi, kalau kamu mendengar kakak kelasmu bilang ke temannya, “Bro, besok aku TA ya”. Jangan berpikir dia udah mau lulus. Jauh banget tuh dari lulus.

TUGAS

Tugas adalah sesuatu yang dinanti dan ditunggu mahasiswa. Ini adalah favorit mahasiswa. Kalau ada kakak kelas kamu yang begitu mendengar kata TUGAS langsung berbinar, maka dia adalah mahasiswa harapan bangsa dan mertua. Tugas adalah kegiatan rutin yang berguna untuk memaksimalkan kemampuan dan intelegensia mahasiswa untuk mencapai titik optimum. Jadi, kalau dosen-mu memberikan tugas, datangilah dia. Tatap dia dengan haru dan salami. Sampaikan ucapan “terima kasih, saya bangga dan terharu atas tugas ini. Teruskan perjuanganmu mendidik bangsa ini” (Sudah, ndak usah protes. Wong saya yang nulis kok)

OPEN BOOK

Open book adalah metode ujian yang memperkenankan mahasiswa membawa buku referensi ke ruang ujian, dan tentunya mempergunakan itu sebagai cara membantu dia menjawab soal ujian. Bagi mahasiswa, kalau open book seringkali justru seperti menghadapi ujian lari halang rintang. Rintangan pertama, buku apa yang di-OPEN (OPEN, bukan OVEN, kalau buku dioven, kobong kabeh). Lha wong mahasiswa sekarang jarang punya buku. Boro-boro beli buku. Baca aja jarang. Okai, punya buku, bisa dibawa, lalu diOPEN di sebelah mana? Lah, jarang punya buku kok bisa tahu halaman mana yang dibaca? Terakhir, Pertanyaan ujian pasti ndak akan gampang begitu saja ditemukan di buku.

ORAL TEST

WHAAAAAAT? Heh, ndak usah kelojotan. Oral test yang dimaksud adalah ujian dengan metode tanya jawab langsung dengan dosen penguji. Diora…ah, bukan gitu, kamu akan menjawab langsung pertanyaan dari dosen. Langsung, ndak pake nulis. Biasanya memang kalau oral itu, kamu akan keringetan, apalagi kalau ndak siap, biasanya panas dingin, sambil memandangi dosenmu. (Sek…kok kalimat ini jadi ambigu yaaaa..) Nah, dalam perkembangan selanjutnya, karena menghindari kesalahpahaman yang semakin tinggi, dosen lebih suka menggunakan istilah LISAN atau UJIAN LISAN. (Jelassss kan?)

TAKE HOME

Take home ini mirip-miriplah seperti kamu beli makanan di cepat saji. “Mbak, bisa take home?”, lalu dijawab “Bisa mas, tapi saya sudah bersuami mas”. Maksudnya, ini ujian yang dikerjakan di rumah. Jadi mahasiswa punya waktu dan ruang yang fleksibel karena ujian dikerjaka di rumah. Kadang ada yang keenakan, jadi soal ujian bener-bener dibawa ke rumah, tapi ndak dikerjakan…lupa soalnya.

IPK

IPK adalah salah satu topik sensitive bagi mahasiswa. Kedudukannya setara dengan menanyakan status kejombloan seseorang. IPK adalah salah satu indikator yang menunjukkan capaian mahasiswa selama kuliah. Nanti kamu bisa ikut klub peminatan terkait IPK, ada IKOMA (ikatan satu koma), ada IDUDA (ikatan Dua Dasarnya), IMAKDA (ikatan maksimum dua), ASMIGA (Asosiasi Mimpi Tiga) dan sejenisnya. Termasuk IMPAHE (Ikatan mahasiswa paket hemat).

Nah, kalau istilah-istilah resmi dan formal, kamu bisa baca di buku panduan kuliah yang (mestinya) diberikan fakultas masing-masing. Ada yang mau menambahkan istilah lainnya?

Perth, 6 Agustus 2015