Tag

Sebenarnya, enak ndak sih jadi mahasiswa? Apa bedanya dengan jadi siswa? Hanya karena ada kata “maha”? Satu kata bisa bikin beda. Ini nyata. Coba kata “gila” dan “tidak gila”, beda banget kan? Jadi jangan salah. Satu kata bisa bikin beda. Beda makna maupun realita. Itulah kenapa siswa dan mahasiswa itu beda. Dosen gila dan dosen itu beda. Kalau ndak percaya, coba deh, guru kamu di SMA kamu panggil namanya doang. Bukan lagi pakai “pak” atau “bu”. Coba kalau berani. Pasti beda.

Jadi, kalau mau jadi mahasiswa itu gimana?

Pertama, tinggalkan cara di SMA yang terbiasa menanti komando, instruksi dan perintah. Keluarkan inisiatif mandirimu. Tanpa atau belum diminta sudah dilakukan. Kalau perlu, jadwal kuliah belum keluar, nekad saja kuliah. Bahkan, kalau pintu kelas belum dibuka, buka paksa segera. Jangan biarkan pintu terkunci menghalangi hasrat dan ambisimu untuk kuliah. Bergerak!

Kedua, selalulah meyakini buku adalah sumber ilmu. Rajinlah beli buku. Tanpa perlu dipaksa dosenmu, belilah segera buku. Jika belum tahu bukunya apa, ya cari buku yang mirip-mirip. Misalnya kamu kuliah di komunikasi, pasti ada tuh namanya buku telekomunikasi optic. Nah, mirip kan. Ada kata komunikasinya. Beli. Baca. Hafalkan. Kalau mau cepat, pakai cara klasik: bakar buku itu, minum abunya.

Ketiga, kalau merasa motivasi ndak ada, segera beli buku motivasi. Banyak di toko buku. Semua orang suka bikin dan baca buku motivasi. Misalnya, “Meningkatkan motivasi kuliah tanpa bangun dari tempat tidur”. Atau “Kuliah Rajin, cepat kawin”. Atau perbanyak baca buku Chicken Soup. Kalau kurang mantap, coba Chicken Rice atau malah Chicken Roast. Minimal kenyang.

Keempat, jika motivasi kurang dan merasa perlu tips praktis, segera beli buku tips praktis. Banyak juga. Mulai dari tips “Membeli Properti Tanpa Menggunakan harga Diri”, atau “Tips Jitu Kaya Raya Tapi Cepat Gila”. Malah yang heboh itu ada, dan laku keras: “Tips Jitu Jomblo Membahagiakan pasangan”. Belajarlah dari sana.

Terakhir, segera lupakan empat cara yang sudah saya sampaikan ini. Segeralah bangun. Hiduplah sebagaimana biasanya anda. Carilah teman sebanyaknya. Kenali kakak kelas anda. Bagaimana anda menjadi mahasiswa tergantung anda sendiri. Itu hidup anda. Anda akan belajar banyak dari teman, kakak kelas, adik kelas, dosen, dan yang terpenting diri anda sendiri. Menjadi mahasiswa baru tidak harus menjadi orang baru. Yang perlu anda tahu adalah memang ada hal-hal baru yang akan anda hadapi. Dan itu menyenangkan. Selamat menikmati menjadi mahasiswa (baru).

Perth, 5 Agustus 2015