Tag

, ,

Waktu SMA, kamu bisa membedakan mana guru dan mana temanmu dari seragam yang mereka pakai. Sederhana dan mudah. Kalau kuliahan, kadang susah membedakan mana mahasiswa mana dosen. Mungkin karena mahasiswanya penampilannya tua banget, atau dosennya yang penampilannya mbois banget. Jangan salah. Salah mengenali bisa hancur nama baik dan hilang harga diri. Ada beberapa ciri yang bisa dipakai pedoman awal:

  1. Kalau ada orang yang tiba-tiba aja ngelihatin kamu terus, matanya menatap tajam. Kadang terlihat menerawang di awang-awang, itu bisa jadi mahasiswa yang baru saja draft skripsinya dikembalikan dengan coretan silang merah besar di setiap halamannya dan ada kalimat pendek di depan: Tulis ulang. Saya tidak paham…. Sebaiknya jangan mendekati dia untuk beberapa hari. Berbahaya. Emosi sedang tidak stabil.
  2. Kalau ada segerombolan orang membicarakan sesuatu sambil cekikikan. Bahkan kadang ada kata-kata kotor keluar. Misalnya seperti “Kotor..kotor” begitu, nah itu mahasiswa. Biasanya mereka sedang menggosipkan dosennya. Nah, kalau ada orang lewat di depan gerombolan orang itu, dan tiba-tiba mereka semua terdiam dan pura-pura asyik makan atau main hape, nah yang lewat itu dosennya.
  3. Juga, kalau ada segerombolan orang berkumpul, cekakak-cekikik, sambil membawa tumpukan kertas, bisa jadi itu dosen. Bisa diuji ulang dengan melihat kalau ada orang berjalan mau melewati gerombolan itu, dan tiba-tiba mengurungkan niatnya, berarti benar itu gerombolan dosen. Yang ndak jadi lewat itu, pasti mahasiswa.
  4. Kalau ada orang yang berjalan seperti zombie, tertatih-tatih, sambil menguap lebar dan mukanya sembab seperti habis nangis seharian, itu pasti mahasiswa yang habis ujian skripsi dan mendapat hasil nilai ditunda. Nah kalau matanya kayak mata panda, dengan membelalak dan ada lingkaran hitam di mata, itu mahasiswa yang baru mengumpulkan skripsi.
  5. Kalau kamu melihat ada orang berlari kencang, mukanya panik, naik tangga dengan sangat cepat, dan lima menit kemudian orang itu kembali dengan berjalan pelan sambil ngomel-ngomel “cuk..asu..tiwas mblayu”. Itu pasti mahasiswa. Mungkin mahasiswa yang telat bangun dan kemudian disuruh tutup pintu dari luar oleh dosennya. Atau mahasiswa yang begitu masuk kelas melihat ada tulisan di papan “Kelas dibatalkan”.
  6. Kalau kamu melihat seseorang yang membawa ipad dan mug berbentuk homer simpson dengan aroma kopi panas, itu pasti dosen. Itu pasti dosen manis.
  7. Kalau kamu melihat seseorang masuk ruangan dengan gembira, kemudian keluar lagi dengan muka masam. Kemudian 15 menit kemudian masuk lagi ke ruangan, dan kembali keluar dengan cemberut: itu pasti dosen yang mahasiswanya belum pada datang padahal sudah jam kuliah. Nah, kalau kamu melihat ada dua atau tiga orang yang buru-buru masuk dengan muka panic, itu mahasiswa yang akhirnya datang setelah dosennya teriak-teriak di twitter mengancam akan memberikan tugas menulis 3 paper selama seminggu.
  8. Kalau kamu melihat seseorang keluar ruangan dengan wajah sumringah dan diikuti belasan orang yang keluar dengan muka sebal; yang keluar pertama adalah dosen, yang bermuka sebal adalah mahasiswanya yang baru dapat tugas banyak.
  9. Kalau kamu didekati orang dan orang itu bertanya, “Mbak, punya palu?” itu pasti mahasiswa yang caper. Dia kepengin kenalan. Kalau anda malas kenalan, kasih saja dia palu. Makanya, bawa palu yang banyak.
  10. Kalau ada orang yang tiba-tiba menghampiri dan bertanya, “Kok saya pernah lihat muka kayak kamu ya?” itu mahasiswa yang kepengin kenalan. Jawab saja, “Saya untungnya ndak pernah liat muka kayak situ.”
  11. Kalau ada orang yang tiba-tiba bertanya, “Dik, sudah punya pacar?”. Dia bisa jadi dosen, bisa jadi mahasiswa. Coba saja dijawab “Belum”. Kalau dia memberikan respon, “Waduh, jomblo dong. Anak baru, jomblo pulak.” Itu pasti dosen. Kalau jawabannya, “Waduh, sama dong, kenalan yuk” Itu pasti mahasiswa.
  12. Kalau ada orang yang clingukan mencari seseorang, dan ada orang lain yang tiba-tiba blingsatan bingung dan kepengin sembunyi; nah, yang clingukan pasti itu dosen. Yang bingung dan kepengin sembunyi, itu pasti mahasiswa yang dicari dosen pembimbing skripsinya.
  13. Kalau kamu melihat orang yang cuek aja jalan, tapi ndak ada orang lain yang mau perduli, Tapi kemudian dia melihat dan menatap kamu terus, itu bisa jadi dosen atau mahasiswa. Tapi, coba lihat kakinya, kalau kakinya melayang, atau badannya bolong, atau tiba-tiba kepalanya copot, itu berarti setan. Bisa setan dosen atau setan mahasiswa.

Itu beberapa tips yang bisa kamu pakai pedoman mengenali dosen atau mahasiswa. Selamat menjadi mahasiswa baru…

Perth, 4 Agustus 2015