Panduan Seru untuk Mahasiswa (yang tidak) Baru (lagi)

Ini postingan lama. Tapi kayaknya jadi relevan. Sekaligus cara saya merayakan kebahagiaan karena tak lagi dihantui hal ini. (Yesss!!) SIlahkan… 1. Pastikan dulu status kemahasiswaan anda. Paling tidak, pastikan anda punya KTM yang sudah update. Jangan pake KTP. Apalagi pake KTP kakek anda. Pastikan juga anda masih terdaftar. Terutama angkatan tua. Ingat usia. 2. Pastikan IPK anda mencukupi buat mengambil mata kuliah. IPK nol koma, masih bisa ambil mata kuliah. Anda menang. Menanggung malu. 3. Jangan lupa login Cybercampus. Kalau laman cybercampus cuman dipelototin doang gak bakal buka. Ingat, ini KRS bukan ospek. Pastikan username dan pasword anda benar. jangan … Lanjutkan membaca Panduan Seru untuk Mahasiswa (yang tidak) Baru (lagi)

My name is Carlos. Carlos Wibawa.

Brazilian Food Truck “Can i have two Brazilian sausage and one yuka chips?” “Yes, sure. Hey, you look like a Brazilian? Do you have Brazilian blood or something?” “Really? Yeah, maybe. Need to ask my parents then..” “Whats your name anyway?” “Carlos…my name is Carlos” “Okay Carlos, 5 minutes for your foods ready..” “Not a problem..” Yeah, lesson learnt. If you know your name will become an issue, always have a backup plan. Or a backup name. My name is Carlos wibawa now… – at State Library of Western Australia View on Path Lanjutkan membaca My name is Carlos. Carlos Wibawa.

Masa Mengisi KRS Tiba, Masa Dosen Pusing Kepala

Salah satu untungnya sekolah lagi bagi dosen adalah terbebas dari hal-hal yang bikin sakit kepala. Termasuk saat masa KRS tiba. KRS itu beda sama KRL, atau KRAM. Ini saat mahasiswa menentukan rencana studi pada masa semester berjalan berikutnya. Ini saat yang tiba-tiba membuat dosen pusing kepala juga. Karena hal-hal berikut ini: Pertanyaan klasik mahasiswa yang malas mikir: “Semester ini saya harus ambil apa?” Lah, yang kuliah siapa? Harusnya tahu dong semester ini mau ambil apa. Ini kayak kamu berdiri di depan penjual duren dan bertanya, “Saya harus beli apa ya?”. (*langsunglemparduren). Situ mahasiswa. Udah tahu persis harusnya mau ambil apa, … Lanjutkan membaca Masa Mengisi KRS Tiba, Masa Dosen Pusing Kepala

Panduan Seru Untuk Mahasiswa Baru: Kamus Seru Mahasiswa Baru

Hal-hal baru selama menjadi mahasiswa baru juga perlu mengenali beberapa kata kunci atau istilah yang mungkin baru. Setidaknya, tidak kamu temui saat kamu masih SMA dulu. Kalau dulu ada yang bikin kamus Bahasa gaul, mungkin suatu saat nanti, perlu ada kamus seru mahasiswa baru. SINGKATAN Mahasiswa itu senang menyingkat sesuatu. Saya curiga ini karena kebiasaan main SMS atau chatting. Semua disingkat. Celakanya, mahasiswa gak perduli orang lain paham apa ndak. Misal, kamu akan mengenal kata maba untuk mahasiswa baru, Doli untuk dosen wali. Saya sempat menyinggung ini di https://satryawibawa.com/2015/07/30/pengantar-panduan-seru-untuk-mahasiswa-baru/ . Dosbing untuk dosen pembimbing. Kenapa ndak dombing, atau dospem? Emboh. … Lanjutkan membaca Panduan Seru Untuk Mahasiswa Baru: Kamus Seru Mahasiswa Baru

Panduan Seru untuk Mahasiswa Baru: Cara (luar) Biasa Jadi (maha) Siswa

Sebenarnya, enak ndak sih jadi mahasiswa? Apa bedanya dengan jadi siswa? Hanya karena ada kata “maha”? Satu kata bisa bikin beda. Ini nyata. Coba kata “gila” dan “tidak gila”, beda banget kan? Jadi jangan salah. Satu kata bisa bikin beda. Beda makna maupun realita. Itulah kenapa siswa dan mahasiswa itu beda. Dosen gila dan dosen itu beda. Kalau ndak percaya, coba deh, guru kamu di SMA kamu panggil namanya doang. Bukan lagi pakai “pak” atau “bu”. Coba kalau berani. Pasti beda. Jadi, kalau mau jadi mahasiswa itu gimana? Pertama, tinggalkan cara di SMA yang terbiasa menanti komando, instruksi dan perintah. … Lanjutkan membaca Panduan Seru untuk Mahasiswa Baru: Cara (luar) Biasa Jadi (maha) Siswa

Panduan Seru Untuk Mahasiswa Baru: Kenali Kakak Kelasmu atau Dosenmu

Waktu SMA, kamu bisa membedakan mana guru dan mana temanmu dari seragam yang mereka pakai. Sederhana dan mudah. Kalau kuliahan, kadang susah membedakan mana mahasiswa mana dosen. Mungkin karena mahasiswanya penampilannya tua banget, atau dosennya yang penampilannya mbois banget. Jangan salah. Salah mengenali bisa hancur nama baik dan hilang harga diri. Ada beberapa ciri yang bisa dipakai pedoman awal: Kalau ada orang yang tiba-tiba aja ngelihatin kamu terus, matanya menatap tajam. Kadang terlihat menerawang di awang-awang, itu bisa jadi mahasiswa yang baru saja draft skripsinya dikembalikan dengan coretan silang merah besar di setiap halamannya dan ada kalimat pendek di depan: … Lanjutkan membaca Panduan Seru Untuk Mahasiswa Baru: Kenali Kakak Kelasmu atau Dosenmu